Kamis, 17 Maret 2011

Tempat Wisata Kalimantan Barat - Pantai Samudra Indah




samudra indah
Setelah 40 tahun menunggu pembenahan, akhirnya Pantai Wisata Alam Samudera Indah mulai diminati para wisatawan. Kendati jumlah kunjungan belum seberapa, Tetapi keunikan dan keragaman yang dimiliki membikin tempat ini sebagai salah satu kunjungan wisatawan lokal saat liburan.

Letaknya cukup strategis dan merupakan patai dari posisi laut China Selatan. Pantainya memanjang dari arah selatan ke timur sekitar 5 kilometer. Sama seperti pantai lain di kawasan ini, Pantai Samudera dikaruniai pantai landai dengan pasir putih. Dan ketika sebuah daerah ramai kunjungan, tak pelak lagi, hampir sepanjang pantai diwarnai dengan toko-toko dadakan maupun permanen untuk mengaring pembeli.

Tidak berlebihan sekiranya bilamana seorang dosen hukum dari Eramus Univesity Rotterdam, Belanda Sander L Gellalerty menamakan pantai itu nomor dua setelah Kuta, Bali. Namun sayang keberadaannya yang sudah puluhan tahun ternyata tak terpromosikan, hingga banyak yang tidak tahu keberadaannya.

"Keindahan pantai Samudera tidak kalah dengan pantai di Bali. Tapi, herannya kok tak ada promosinya. Bagaimana investor mau menggarapnya, jika tidak tahu akan potensi semacam ini,'' ujar bapak dosen ini ketika bertandang ke kantor Biro Singkawang kemarin. Para pemilik modal memang sepertinya masih menunggu dengan pantai yang letaknya tidak jauh berbatasan dengan wilayah Kota Singkawang. Sebab, minimnya informasi investasi termasuk jarangnya promosi boleh jadi salah satu kendala mengenalkan pantai ini kepada para investor.

Selama ini pantai Samudera seperti berada di balik kelambu kabupaten Bengkayang. Tetapi setelah kawasan pantai ini dibuka, kini banyak mata dari banyak kalangan bisa melihat langsung kemolekan tubuhnya. Pemadangan itu sendiri dapat disaksikan ketika liburan musim sekolah puluhan bahkan ratusan mobil kendaraan roda empat dan dua mengantri di bibir pantai. Bukan pemandangan pantai saja yang cukup menjanjikan mata guna dinikmati secara menyekuruh, namun bentangan daerah pantainya merupakan kawasan pertanian khususnya perkebunan. Sekitar wilayah pantai ini sejak lama merupakan sentra perkebunan kelapa termasuk perikanan laut yang cukup besar.

Buktinya, rata-rata penduduk di tepi pantai masih memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan keluarga.Tetapi sayangnya, pemilik modal sepertinya belum belum tertuju kepada pantai ini. Hingga kini baru penduduk lokal saja yang mengelolanya. Itupun secara tradisional berkenaan pantai itu sudah terbentuk keindahannya secara alami.

Untuk menikmati indahnya laut, pengelola pantai Samudera menyediakan pondok yang letaknya di batu. Harusnya, investor segera masuk untuk membenahi lokasi agar potensi alam yang tersedia, tidak lepas begitu saja. Pantai Samudra menjadi tawaran baru buat warga Kalbar khususnya Pontianak dalam mengisi liburan Sabtu dan Minggu. Disamping masalah jarak, pemandangannya alamnya masih tergolong asli.
tempat jualan pinggir pantai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar